Manfaat Positif Hutan Bagi Jiwa

"Go to Forest. Walk slowly. Breathe. Open all your senses. This is the healing way of Shinrin-yoku Forest Therapy, the medicine of simply in the forest" 

Taman Hutan Raya Dago
Kalimat diatas saya kutip dari situs Shinrin-Yoku.org , dalam beberapa dekade terakhir telah terjadi banyak studi ilmiah yang menunjukkan mekanisme di balik efek penyembuhan hanya berada di daerah liar dan alami. Misalnya, banyak pepohonan mengeluarkan senyawa organik yaitu "NK" (natural killer / pembunuh alami) sel yang merupakan bagian dari cara sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan kanker. Didorong fungsi sistem kekebalan tubuh, dengan peningkatan jumlah dari Natural Killer (NK) sel-sel tubuh.
TaHuRa Dago
Dan manfaat lainnya yaitu mengurangi stres ,menyenangkan suasana hati,meningkatkan kemampuan untuk fokus bahkan pada anak-anak dengan ADHD,pemulihan dipercepat dari operasi atau sakit, tingkat energi meningkat danpeningkatan kualitas tidur. Membuka indera kita dengan alam juga mengembangkan intuisi kita. Kita belajar untuk menghubungi dengan cara baru dunia di sekitar kita.

Kebun Raya Bedugul, Tabanan, Bali
Mungkin sebagai manusia di era seperti sekarang yang serba instan dan manusia sangat sibuk melebihi semut - semut pekerja. Sejenak luangkan waktu bersama rekan / sahabat atau keluarga tercinta anda untuk berjalan - jalan di hutan. Seperti di Bandung misalnya tempat favorit saya adalah Taman Hutan Raya Ir.Juanda yang berada di Dago Atas. Kita dapat berjalan di pagi hari sambil menikmati keheningan , lambatnya waktu berjalan dan segarnya udara pagi. 

Selamat mencoba dan menikmati..........

Jalan Jalan di Taman Hutan Raya , Dago, Bandung











Comments

Popular Posts