Mengenal SINGING BOWL

Dalam tulisan kali ini kita membahas tentang Singing Bowl, apa dan bagaimana Singing Bowl ini?

Singing Bowl ini digunakan sebagai untuk sarana meditasi dengan membunyikan mangkuknya ( bowl ). Singing bowl juga digunakan dalam yoga, terapi musik, penyembuhan suara, ibadah, kerja dan untuk kesenangan pribadi. Biasanya saya memakai Singing Bowl ini saat sebelum sembahyang sebanyak 21x putaran dan saat melantunkan Gayatri mantram.

Cara membunyikan Singing Bowl  ini dengan dipukul menggunakan tongkat pemukulnya atau menggeseknya pada tepian dinding mangkuk. Dengan cara demikian, Singing Bowl akan bergetar menghasilkan suara frekuensi dasar dan biasanya dua nada harmonik terdengar juga pada nada harmonik kedua dan ketiga sekilas seperti suara mantra “Om”.

Singing Bowl memiliki beberapa fungsi esoterik maupun eksoterik diantaranya adalah untuk memurnikan energi di dalam ruangan, memurnikan dan menyeimbangkan vibrasi pikiran melalui meditasi hening dan ada pula yang dipergunakan untuk menstabilkan aliran energi 7 chakra.

Nada dari singing bowl tidak hanya untuk menyembuhkan energi di rumah Anda, tetapi juga energi pribadi Anda sendiri. Sebelum anda memainkannya, pastikan diri anda dalam keadaan tenang dan rileks, kemudian anda bisa memainkannya dengan santai dan biarkan nada yang dihasilkan akan melakukan pemurnian energi pada lingkungan sekitar dan pada diri anda.

Nada unik dari Singing Bowl ini menciptakan getaran energi yang sempurna untuk meditasi yang mendalam, berpikir kreatif dan menerima pesan intuitif. Dampak dari getaran suara itu akan
mempengaruhi sistem saraf kita, yang berhubungan dengan refleks relaksasi dan menghilangkan stres atau sakit.

Singing Bowl mengeluarkan nada berdenyut yang terasa dengan baik dan membantu Anda untuk rileks. Semakin Anda mendengarkan lebih relax, gelombang otak Anda akan mudah terbawa oleh dengungan frekuensi Singing Bowl sehingga gelombang otak Anda dapat "kencang", frekuensi otak menurun dan pada tahap selanjutnya Anda dapat mengalami mood yang menyenangkan dan mental atau emosi yang produktif. Rentang gelombang otak pada frekuensi 7-8 Hertz (siklus per detik) disebut sebagai gelombang theta, area ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh, pikiran dan jiwa, peningkatan kecerdasan, kreativitas dan penyembuhan diri serta mekanisme tubuh yang lebih dalam diaktifkan.

Singing Bowl ini saya dapatkan saat berbelanja di salah satu outlet kaos ternama di Bali dengan harga kisaran 400ribuan waktu itu. Pada luar mangkok terdapat tulisan Tibet "Om Mani PAdme Hum" dan di dasar mangkuk terdapat gambar Chakra / Dharma.

Sumber : dari berbagai sumber

Comments

Popular Posts