58 Tahun Konperensi Asia-Afrika

Sampurasun.........

Berikut beberapa penggal terakhir pidato Presiden Soekarno pada Konperensi Asia Afrika 1955 :

"Tidak usahlah kita mengutuki massa yang silam, marilah kita tunjukan pandangan mata kita dengan tegas kearah massa depan.

Marilah kita kenagkan, bahwa tiada rahmat tuhan begitu manis seperti”hidup”dan”merdeka”.
Marilah kita kenangka, bahwa manusia yang tertinggi adalah pembebasan manusia dari belenggu kemiskinanya, pembebasan manusia dari ikatan-ikatan jasmani, rohani, dan intelektual, yang terlalu lama menghalang-halangi kemajuan sebagian dari umat manusia.


Dan marilah kita kenangkan, saudara-saudara bahwa untuk hal ini semuanya, kita bangsa-bangsa Asia dan Afrika harus bersatu.
Sebagai presiden RI dan atas nama 80 juta rakyat Indonesia saya mengucapkan selamat datang kepada tuan-tuan sekalian atas kedatangan tuan-tuan dinegri ini.
Saya menyatakan konferensi ini dibuka, dan saya berdoa, semoga rahmat tuhan mengiringinya, dan mudah-mudahan perundingan-perundinganya akan membawa manfaat bagi bangsa-bansa Asia dan Afrika, dan bagi rakyat segala bangsa!"

Lebih lengkap dapat cek this link http://indonesianvoices.com/index.php/sejarah/1203-pidata-ir-soekarno-pada-saat-konverensi-asia-afrika-di-bandung
Peringatan 58 Tahun KAA
SEJARAH
Konperensi Asia-Afrika atau KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Sunario. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya.

Sepuluh poin hasil pertemuan ini kemudian tertuang dalam apa yang disebut Dasasila Bandung, yang berisi tentang "pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasama dunia". Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru. Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.

58 Tahun KONPERENSI ASIA AFRIKA
Untuk tetap menjaga dan mengobarkan  spirit Dasasila Bandung ke setiap generasi maka setiap tahun di gedung Merdeka yang menjadi saksi sejarah KAA tahun 1955 diadakan kegiatan peringatan KAA. Kebetulan tahun 2013 adalah peringatan 58 tahun KAA. Berbagai kegiatan dilaksanakan antara lain Pameran maupun Talkshow. Pada tgl. 19 April 2013 dilaksanakan acara Talkshow "Membangkitkan Kembali Semangat Solidaritas Dan Kerja Sama Antar Bangsa - Bangsa Asia Afrika". Unik nya acara talkshow ini selaku narasumber merupakan perwakilan dari negara - negara pelaku sejarah yang diwakili oleh Dubes Afrika Selatan, India, Myanmar, Pakistan, Palestina, Srilanka dan Menteri Luar Negeri Indonesia. Pemutaran film "Emansipasi Asia Afrika" karya Ras Muhamad ( Duta Reggae Indonesia ).
Juga di hari yang sama dibuka juga Asian African Art and Culture Expo : Pameran Kain Gendong Asia Afrika.

Pada tgl. 23 April 2013 pada pk. 09.00 - 13.00 wib diadakan acara Peluncuran & Diskusi Buku "Pasang Naik Kulit Berwarna" pembahas J.J.Rizal ( Sejarawan / Penerbit Komunitas Bambu ) dan Desmond S.Adrian ( Public Educator Museum KAA ). Tempat di Ruang Utama Gedung Merdeka.

Pada tgl. 24 April 2013  pk. 13.00 - 17.00 wib diadakan talkshow "Rekontekstualisasi Semangat Bandung pada Milenium Kedua" bersama Yudie Latif dan Ras Muhamad dimana beliau akan kumandangkan lagu Emansipasi Asia Afrika. Tempat di Ruang Utama Gedung Merdeka.

Pada 23 April 2013 pk. 13.00 - 17.00 wib dan 24 April 2013 pk. 09.00 - 17.00 wib diadakan Pameran Buku Langka Konperensi Asia Afrika berupa koleksi buku langka Museum KAA dan Lawang Buku menampilkan buku - buku langka sekitar Konperensi Asia Afrika, konperensi Bogor, Situasi Asia Afrika, Perang Dingin, Kolonialisme / Imperialisme, tokoh - tokoh pejuang Kemerdekaan dan dokumen - dokumen sezaman. Bertempat di Perpustakaan Museum Asia Afrika.

Hatur Nuhun

sumber - sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_Asia%E2%80%93Afrika
http://indonesianvoices.com/index.php/sejarah/1203-pidata-ir-soekarno-pada-saat-konverensi-asia-afrika-di-bandung
Peringatan 58 tahun KAA 2013

Comments

Popular Posts