Tirta Yatra Pura di Bandung Raya

Sampurasun...

Bertepatan dengan usainya perayaan Hari Raya Kuningan, tepatnya di hari Manis Kuningan yang jatuh di wuku Ribek ( hari Minggu ), kami memutuskan mengisinya dengan Tirta Yatra/Perjalanan Suci . Tempat yang kami tuju adalah pura / tempat suci umat Hindu yang ada di Bandung raya ( kota Bandung, kabupaten bandung dan cimahi ).
Penjuru mata angin
Jalur yang kami ambil searah perputaran mata angin yaitu dari Timur,Selatan,Barat,Utara dan berakhir di titik tengah, dan kebetulan juga kami tinggal di Bandung Timur. Penjuru mata angin ini mewakili Dewata Nawa Sanga, stana /tempat / posisi para dewa yang menguasai penjuru mata angin ( Perihal Dewata NAwa Sanga ini akan dibahas khusus / tersendir ).

Saat sang Surya mulai terbit di ufuk timur, perjalanan pun kami mulai dari Arah Timur. Dengan sarana persembahyangan dan bekal yang cukup kami pun mulai perjalanan ini.


Pura Wira Satya Dharma ( TIMUR )
Pura Wira Satya Dharma
Pura pertama yang kami tuju adalah Pura Wira Satya Dharma bertempat di Yon Zipur 9/Kostrad Ujung Berung, Bandung Timur.
Hampir semua keberadaan pura di BAndung berada di kawasan Militer.Kebetulan
pada Hari Raya Kuningan baru saja dirayakan Pujawali di pura ini.

Pura Satya Akasa ( SELATAN )
Pura Wira Satya Akasa
Pura Wira Satya Akasa terletak di komplek Lanud TNI-AU Sulaeman.Piodalan di pura ini bertepatan dengan hari Tumpek Landep. Pada hari minggu pagi yang cerah nampak anak - anak sembahyang bersama sebelum melaksanakan
sekolah Agama.


Pura Agung Wira Loka Natha ( BARAT )
Pura Wira Lokha Natha
Pura ini termasuk pura yang tertua yang ada di Bandung Raya. Peresmian pura ini pada 15 Juli 1978 bertepatan dengan hari raya Saraswati.


Pura Wira Chandra Dharma ( UTARA )
Pura Wira Candra Dharma
Bertempat di Komplek Secapa TNI-AD Hegarmanah, berdiri semenjak tahun 1997. Pura ini terlihat megah karena berada di posisi ketinggian dengan beberapa anak tangga dari parkiran menuju jaba tengah dan mandala utama.
Disebelah pura terdapat bangunan berlantai dua yaitu Pasraman Vidya Dharma.


Pura Puser Dayeuh Siliwangi ( TENGAH )
Pura Puser  Dayeuh Siliwangi
Pura ini bertempat di jalan Lembong, tepatnya di di lantai 2 Museum Siliwangi Bintaldam III Siliwangi. Selain sembahnyang di tempat ini juga bisa mengunjungi Museum tentara Siliwangi dari era masuknya Belanda sampai pasca kemerdekaan RI. Alat - alat tempur dan mobil ambulan "si gajah" sebagai saksi  bisu kehebatan pasukan tentara Siliwangi pada waktu itu.

Sebagai titik tengah sekaligus titik terakhir perjalanan Tirta Yatra ini kami putuskan mengunjungi Pura Puser Siliwangi karena beberapa alasan seperti Pura ini terkait dengan legenda jawa barat yaitu Hyang Prabu Siliwangi dan untuk anak - anak bisa menambah wawasan pendidikan sejarah dengan berkunjung di Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Di jeroan Pura terpajang juga foto lukisan saat zaman Hyang Prabu Siliwangi dan wangsit Beliau.


Wangsit Siliwangi :
"Sing saha bae anu ngagunakeun ngaran Siliwangi atawa ngarasa jadi sekeseler Siliwangi manehna
bakal nanjung hirupna, bakal mulia gumelarna, kawangikeun sabuana panca tengah, lamun manehna
jujur, sinatria, teneng, gunarti ka sileutik,nyaah ka rakyat sarta wibawa kasasama. 
Sabalikna hirupna moal panggih jeung kasenangan, bakal lara balangsak saeundeungna, lamun ingkar tina pataka anu tadi"


Demikian perjalanan Tirta Yatra pura yang ada di Ring Satu Bandung Raya, sebagai tambahan informasi berikut Pura yang ada di Kota Bandung sumber Portal Kemenag Prov.Jabar sebagai berikut :
1. Pura Wira Satya Dharma, daerah Ujung Berung
2. Pura Wira Chandra Dharma, daerah Hegarmanah
3. Pura Wira Natha Dharma, daerah Turangga
4. Pura Puser Dayeuh Siliwangi, daerah Lembong


Sedangkan Pura yang masih dekat kota Bandung yaitu Pura Satya Akasa ( kab.bandung ) dan Pura Agung Wira Loka Natha ( kota Cimahi ).


HATUR NUHUN

Diambil dari berbagai sumber.












Comments

Popular Posts