PURA LUHUR TAMBA WARAS

Sampurasun...

Pura Luhur Tamba Waras
Setelah nangkil ke Pura Muncak Sari kami lanjutkan masuk perkampungan penduduk menuju Pura Luhur Tamba Waras. Sebagai orang Tabanan, Bali rasanya kurang pas kalau belum pernah nangkil ke Pura Tamba Waras. Dari beberapa sumber dapat kami simpulkan mengenai keberadaan Pura yang berada di ketinggian sekitar 725 meter dari permukaan laut. Bertempat di sebelah selatan Gunung Batukaru, Desa Sangketan, Penebel, Kabupaten Tabanan. Di sekeliling pura ini masih diselimuti hutan dengan pepohonan yang rindang nan menyejukkan.

Sekilas sejarah dari makna kata berasal dari kata Tamba yang artinya Obat dan waras artinya Normal kembali. Pura Luhur Tamba Waras bermakna pemujaan kekuatan manifestasi Tuhan Yang Maha Esa dalam fungsi sebagai penyedia farmasi bagi alam semesta. Dengan demikian permohonan kerahayuan, kesehatan, kebijaksanaan untuk kesejahteraan merupakan objek pemujaan di Pura ini.

Dari cerita sejarah Pura Luhur Tamba Waras berdiri sekitar abad ke-12, saat itu Raja Tabanan yaitu Cokorda Tabanan sakit keras dan tidak ditemukan pengobatannya. Para abdi kemudian mencarikan obat sesuai petunjuk gaib, dimana akan ada asap sebagai petunjuknya. Ketika memasuki hutan Batukaru dijumpailah asap mengepul yang berasal dari sebuah kelapa di tanah di dalam rumpun bambu.  Dan setelah memohon di tempat tersebut didapatkanlah obat. Obat inilah yang diberikan kepada Raja, dan ternyata berkhasiat Raja kembali sembuh total, dan saat itu dibangunlah tempat pemujaan yang dinamakan Tamba waras.

Pura Tamba Waras adalah kekuatan pemberi anugrah di bidang kesehatan lahir batin dan kelestarian alam semesta. Kebijaksanaan, kejujuran, kemuliaan hati merupakan kesehatan batin untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, di samping kesehatan jasmani. Kesehatan lahir bathin dapat dimohonkan di Pura Luhur Tamba Waras baik dengan melakukan yoga maupun  pelaksanaan ritual yang didasari dengan hati yang suci guna memohon berkat-Nya.

Demikian perjalanan kami hari ini, semoga bermanfaat. Diambil dari berbagai sumber....

Hatur Nuhun

Comments

Popular Posts