NYEPI Tahun Baru Saka 1938 dan Gerhana Matahari Total ( GMT ) 2016


Sampurasun.....


Dua ( 2 ) peristiwa besar terjadi pada 9 ( sembilan ) Maret 2016 ini yaitu Hari Raya NYEPI Tahun Baru Saka 1938 dan Gerhana Matahari Total ( GMT ). Hari Raya NYEPI atau Tahun Baru Saka bukan membuat hura-hura atau keributan tetapi menciptakan keheningan untuk mengistirahatkan Micro Cosmos ( tubuh ini ) dan Macro Cosmos ( bumi ini ). Melakukan perenungan diri , tapa brata penyepian , meditasi atau membaca kitab - kitab suci. Ide EARTH HOUR 60+ dengan mematikan lampu selama 60 menit merupakan salah satu contoh positif yang idenya lahir dari perayaan Nyepi di Bali, Indonesia.

NYEPI, TAHUN BARU SAKA DAN PEMBAHARUAN DIRI

Apakah Nyepi masih relevan dalam kehidupan sekarang yang cenderung mengglobal, serba terburu - buru dan materialis ini?

Modernisasi sejak revolusi industri, telah membawa umat manusia pada alam yang terlalu panas, terlalu sesak, iklam yang berubah tidak menentu, bencana alam yang silih berganti, keterbatasan pangan dan ancaman kelaparan, semua ini adalah perang kemanusiaan yang tida henti.

Peradaban modern telah semakin menjauhkan manusia dari alam. Seruan Back to Nature yang pernah dicetuskan oleh JJ Roseau pada abad ke 18, baru disadari maknanya pad aabad ke 20, setelah
alam terlanjuroelh industri yang kelewat batas.Kini pemanasan global dan perubahan iklim adalah buah dari industrialisasi dan eksploitasi alam yang berlebihan.

Menurut ajaran Tri Hita KArana, menjaga dan memperlakukan alam dengan baik, sama pentingnya seperti menjaga hubungan baik sesama manusia dan memuja Tuhan. Ketiga hal ini adalah penyebab kebahagiaan hidup.

Dapatkah spirit Nyepi menyadarkan dunia akan arti pentingnya mewujudkan kehidupan yang damai?

Atau bisakah kita merasakan kedamaian di tengah ancaman pemanasan global dan perubahan iklim?

Andaikan seluruh dunia bisa berhenti dari berbagai kesibukan sehari saja, melakukan instropeksi atas kemajuan peradaban industrialisasi yang telah dipilih dan dibangun selama ini, akan muncul kesadaran bahwa kita telah memperlakukan alam terlalu kejam, egois, sampai melampaui daya dukungnya.

Mari dengan semangat Nyepi kita perlakukan alam dan lingkungan secara bersahabat, demi terwujudnya kedamaian hidup, kedamaian untuk semua dan kedamaian sepanjang masa.

oleh I MAde PAnde Cakra , Majalah Media Hindu Maret 2014


GERHANA MATAHARI TOTAL ( GMT ) 2016

Bertepatan dengan perayaan Nyepi pada 09 Maret 2016 diperkirakan terjadi juga fenomena alam
Gerhana Matahari Total ( GMT ). GErhana Matahari total di tahun 2016 ini diperkirakan berlangsung
selama 1 hingga 3 menit. Gerhana Matahari Total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh area piringan Matahari. Peristiwa ini di Indonesia khususnya pernah terjadi pada  tahun 1983 dan akan terjadi kembali pada tahun 2046.

Gerhana matahari cincin tahun ini terjadi pada akhir Sasih Kadasa bertepatan dengan Tilem Kadasa. Gerhana merupakan hari yang sangat khusu bagi umat Hindu di India maupun di Bali, sebagaimana
telah disuratkan dalam kitab - kitab suci. Para resi di India mencermati efek peristiwa - peristiwa astronomi seperti gerhana atas kehidupan di bumi. Efek tersebut tidak hanya berhubungan dengan tubuh manusia, namun juga pikiranya.

Gerhana dalam kitab suci Hindu disebut juga sebagai Sadasiti Mukha ( bayangan muka tanah menutupi bulan atau bayangan bulan menutupi matahari ). Hindu juga memiliki mitologi tentang gerhana yang tersurat di dalam kita Adi Parwa ( kitab pertama yang membangun Mahabaratha ), yaitu berhubungan dengan proses mendapatkan tirtha amerta ( air suci kehidupan ) dengan memutar Mandara Giri ( gunung Mandara ). Berkaitan dengan simbolis bangunan suci Padmasana 9 salah satu bangunan suci umat hindu yang terpenting ).

Dalam kitab Sarascamuscaya dan Slokantara adalah saat Gerhana merupakan saat yang baik untuk menghaturkan punia, melaksanakan kemuliaan diri, dan melaksanakan prayascita, penyucian diri.

Gerhana Matahari total tahun 2016 di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pk. 09.00  waktu setempat. Sedangkan di bagian Barat akan berlangsung sekitar 2 menit pk. 07.00 wib.

Pada kalender Bali yang disusun oleh I Kt. Bangbang Gde Rawi ( Alm ) memprediksi Gerhana Matahari Total dapat dilihat di wilayah Indonesia ( Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Ternate, Sumatera Selatan ) , Australia Utara, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara.

Sambil menyelami sang diri dalam keheningan , saya sedikit mengutip lirik dari lagu Pearl jam ( salah satu favorit band dalam daftar mp3 player saya pribadi,hehehe.... ) dari album YIELD "All Those Yesterdays"..........

"Don't you think you ought to rest?
Don't you think you ought to lay your head down?
Don't you think you want to sleep?
Don't you think you ought to lay your head down tonight?

Don't you think you've done enough?
Oh, don't you think you've got enough, well maybe.
You don't think there's time to stop
There's time enough for you to lay your head down, tonight, tonight

Let it wash away
All those yesterdays........."

Hari Raya Nyepi sebagai warisan leluhur kita yang mempunyai pemikiran cerdas dan visi yang keren tentang sebuah pemahaman menciptakan perdamaian.

Selamat Hari Raya NYEPI 
Tahun Baru Saka 1938
Semoga Damai di Hati....
Damai di Dunia....
Damai di Akhirat....




Comments

Popular Posts