Cinta ALAM dan genre POST ROCK


Kedamaian di Hutan ?
"Jika Hutan ( baca : Alam ) adalah tempat anda menemukan Kedamaian, genre musik yang tepat menggambarkan ini adalah Post Rock" - NN -

Kali ini saya akan membahas sebuah genre musik Post Rock, masih sebatas pengetahuan dan eksplorasi saya pribadi.

Setelah melewati beberapa masa genre musik dari masa SD sampai sekarang ( 2015 ) era Klasik Rock Glam Rock, Grunge, Punk, Alternative, Boy Band sampai Hip Metal. Beberapa aliran musik diatas semakin lama terlalu lembut di telinga dan dangkal akan makna dan lebih tepatnya nostagila eh nostalgia.

Bermula dari eksplorasi genre Space Rock seperti band Angel and Airwaves ( album 1 hingga 4 ) sampai mencoba lebih jauh lagi search musik indie rock. Akhirnya saya menemukan band unik The Daysleepres dengan tema - tema lagunya lebih ke samudra ( mother ocean ), alam, atau kehidupan di bawah laut.


Beberapa lagu yang wajib saya denganrkan dari album Drowned In A Sea ( Release the Kraken dan Summerdreamer ) dan album EP Hide Your Eyes ( Mesmerize ). Bebunyian unik seperti Paus atau lumba - lumba pun dimasukkan di musik mereka diiringi duo vocalis nan unik. Dan akhirnya saya coba mengembangkan dan mengeksplorasi genre Post Rock atas saran seoarang teman pecinta musik.

Dalam Post Rock lebih mengedanpakan kekuatan instrumen dan alunan melodi serta cenderung minus vocal. Bagi penikmat musik tertentu musik dengan vocal justru bisa mendangkalkan kekuatan musiknya. Dalam Post Rock musik atau instrumen menjadi kekuatan dan faktor - faktor eksternal terserah untuk penikmat genre ini.



Tema - tema musik ini tidak jauh - jauh dari alam , luar angkasa atau eksplore imajinasi kita jadi tidak bisa dipatok dengan satu tema tertentu. Justru minus vocal ini yang membuat Post Rock musik bisa bertahan sepanjang masa atau sebagai musik masa depan,hehe...

Beberapa band luar bergenre ini yang saya eksplorasi seperti Mooncake , Enemies, God is An Astronout, Caspian dan Sleep Dealer.  Penjelasan detail band - band ini dapat di search di
Search Engine. Dan beberapa juga band Post Rock dari negeri sendiri yang tergabung di postrock id, seperti Echolight dan Distorsi Alam Timur.

Beberapa nomor favorit saya dari band Mooncake seperti Rain in the Ashtray, Mandarin , Cast the Route, Chess knight , mhoksa dan Dimension of  Miracle. Dari band Enemies seperti Two Lads dan A Blind Cocktail. Band Caspian nomor Waking Season, Halls of the Summer dan Akiko.
Dari band God is an Astronouts seperti Calistoga, Transmissions, Signal Rays, Spiral Code dan Red Moon Lagoon. Sedangkan nomor favorit saya dari Sleep Dealer adalah Imminence dan the way home. 


Secara singkat saya lampirkan tentang Post Rock dari PapernoiseNews
Post-rock adalah bagian dari musik rock dan merupakan sebuah bentuk turunan dari genreprogressive rock, art rock, dan new age music. Terminologi post-rock pertama kali digunakan olehSimon Reynolds melalui review yang ia berikan untuk album Hex milik Bark Psychosis di tahun 1994. Ia mendefinisikan post-rock sebagai “musik bukan rock bersubstansikan instrumen rock yang menggunakan gitar dan rhythm sebagai fasilitator tekstur (melodi, rhythm, dan harmoni) sertatimbre (warnanada), daripada riff dan powerchord.” Review tersebut secara implisit telah menjabarkan karakter post-rock dalam klasifikasi musik. Pada dasarnya, karena post-rock berekperimental, maka musisi-musisi post-rock tidak terlibat dalam media mainstream dan tetap setia berada di jalur underground sebagai pergerakan musiknya. 

Sekali lagi musik adalah bahasa universal atau bisa juga merupakan bentuk komunikasi pikiran dengan alam. Selamat mengksplorasi genre Post Rock dan mencintai alam lingkungan sekitar kita.



Post a Comment

Popular Posts