19 January, 2013

Pancasila dan Amerika Serikat

Sampurasun....

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Seperti kita ketahui Pancasila ( Panca : lima dan Sila : dasar ) merupakan saripati nusantara yang digali oleh "our first man of this republic" Bung Karno. Pancasila mewakili jiwa negeri ini yang terbentang dari sabang sampai merauke dengan ribuan pulau dan suku adatnya. Pancasila merupakan perekat kemajemukan negeri ini seperti semboyan Indonesia yaitu "Bhineka tunggal ika" yang berarti berbeda - beda adat suku agama tapi tetap satu. Kalau dalam ajaran agama Hindu Nusantara terdapat istilah Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa yaitu beragam nama untuk penyebutan Tuhan tapi kebenaran atau
Tuhan itu tetap satu adanya.

Kenapa Pancasila dan Amerika Serikat? apa ada hubungan?

Ya ini sekali lagi menurut pandangan saya temuan saya, kalau salah silahkan dikoreksi kita share sajalah. Secara singkat Pancasila saya jabarkan yaitu Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" , Sila Kedua " Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab" , Sila Ketiga " Persatuan Indonesia" , Sila Keempat " Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" dan Sila Kelima "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia".Dan Amerika Serikat merupakan negara Adidaya, kurang pas kalau ga beli barang  ga ada made in USA nya ya,hehe...dan rata - rata penduduk Amerika Serikat sekarang adalah warga pendatang karena yang punya tanah adalah suku Indian.Orang - orang pendatang sering menyebut Amerika dengan promise land, pulau yang banyak menjanjikan hal - hal yang orang - orang harapkan. Trus korelasinya dengan Amerika Serikat lurrr? Aya...atau ada, coba check this out
( 1 ) Semboyan negeri paman Sam adalah In God We Trust artinya spirit
kebinekaan dalam sitilah kasarnya apapun keyakinanmu pokoknya kami percaya dengan Tuhan ada hubungan dengan Sila Pertama pancasila kan? hehe...
( 2 ) Negeri paman Sam sangat mengedepankan HAM ( Hak Asasi Manusia ) sampai - sampai rela menyerang negara lain atas nama HAM ini tentunya dalam negerinya HAM sangat dijunjung tinggi.
( 3 ) Negeri paman Sam terdiri atas negara - negara bagian atau United State of America ( USA ) , prinsip persatuan ada disini.
( 4 ) Sila Keempat apa ayo....ini aya.Kita tahu negeri paman Sam sangat - sangat Demokratis kan segala sesuatunya dan kendali ada di rakyat.
( 5 ) Sila Kelima, hmmm.....saya cek diinternet begitu banyaknya orang yang pengen jadi warga negara paman Sam sampai antri, karena menawarkan kebebasan ,perlindungan dan keadilan. Coba cek di internet negara mana yang rasa nasionalismenya paling tinggi ya salah satunya Amerika Serikat karena rakyatnya merasakan kenyamanan dan keadilan.

KITA SEHARUSNYA MALU
Beneran kan...Amerika Serikat sudah melaksanakan ajaran Pancasila milik kita lho. Terus kita sebagai pemilik dan pewaris Pancasila kok cuek - cuek saja. Coba amati negeri kita ini sudahkah kita menjalankan atau mengamalkan sila - sila dalam Pancasila secara militan dan total? Pancasila bukan sekedar simbol tapi justru terpenting  adalah pelaksanaanya secara total.Dan saya yakin pengamalan Pancasila dari semua umat manusia di negeri ini akan membawa Indonesia kembali ke zaman keemasan dan bisa sejajar dengan negara - negara adidaya karena kita pernah mempunyai leluhur - leluhur yang pernah besar di zamannya seperti Kerajaan Sriwijaya, Mataram, Pajajaran dan Majapahit.
Salam Indonesia Jaya
Merdeka

Hatur Nuhun
Reactions:
0

0 comments: