Albert Einstein, J.Oppenheimer dan Bhagawadgita

Sampurasun...........

Berikut saya coba terjemahkan bebas dari search-search di google tentang pandangan - pandangan orang - orang jenius terhadap Bhagawadgita dan bagaimana kitab ini menginspirasi mereka, serta tulisan singkat tentang Bhagawadgita itu sendiri. Selamat membaca !!!

Albert Einstein dan Bhagawadgita
Bhagwad Gita telah diterjemahkan ke dalam 82 bahasa. Tidak ada semangat misionaris di balik publikasi Bhagavad Gita. Ini telah dilakukan oleh para penggemar/pembaca karena cinta semata-mata mereka untuk filosofi non-dogmatis dan penggambaran. Tidak banyak di Bharat menyadari bahwa Bhagwad Gita telah memainkan peran yang dominan dalam membentuk dunia modern.

Tahun 2005 disebut tahun Fisika karena menandai seratus tahun dari Teori Relativitas Einstein yang merevolusi cara kita melihat alam semesta saat ini. Einstein maju dengan serangkaian teori yang mengusulkan cara-cara yang sama sekali baru berpikir tentang ruang, waktu, dan gravitasi.
Teori relativitas dan gravitasi adalah kemajuan besar selama fisika Newtonian lama dan merevolusi penelitian ilmiah dan filosofis. Tak banyak yang tahu bahwa dalam banyak Einstein karya Dr Satyendranath Bose memainkan peran yang sangat penting yang terkenal "Bose-Einstein Statistik".

Einstein dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu ilmuwan terbesar abad ke-20. Tapi itu menarik untuk mengetahui apa yang menurut Einstein adalah beberapa penemuan terbesar atau penemuan umat manusia. Pernyataan berikut dari Einstein akan menjelaskan pandangannya tentang penemuan ilmiah dari Hindu kuno.
“We owe a lot to Indians, who taught us how to count, without which no worthwhile scientific discovery could have been made” ( "Kami berutang banyak kepada India, yang mengajarkan kita bagaimana cara menghitung, tanpa ada penemuan ilmiah yang berharga bisa telah dibuat" )

"When I read the Bhagavad-Gita and reflect about how God created this universe everything else seems so superfluous” ( "Ketika saya membaca Bhagavad Gita-dan merefleksikan tentang bagaimana Tuhan menciptakan alam semesta ini semuanya yang lain tampak begitu berlebihan" )

Ketika ditanya dari mana ia menarik inspirasi bagi penemuan-penemuan ilmiahnya, Einstein menjawab,
“I have made the Bhagwad Gita as the main source of my inspiration and guide for the purpose of scientific investigations and formation of my theories” ( "Saya telah membuat Gita Bhagwad sebagai sumber utama inspirasi saya dan panduan untuk tujuan penyelidikan ilmiah dan pembentukan teori-teori saya" ).

J.Robert Oppenheimer dan Bhagawadgita
J.Robert Oppenheimer: Julius Robert Oppenheimer (April 22, 1904 - 18 Februari 1967) adalah seorang fisikawan teoritis Amerika dan profesor fisika di University of California, Berkeley. Ia terkenal karena perannya sebagai direktur ilmiah dari Proyek Manhattan, Perang Dunia II proyek yang mengembangkan senjata nuklir pertama, yang ia sering disebut sebagai "Father of the Atomic Bomb".

Dalam referensi untuk tes Trinity di New Mexico, di mana bom atom pertama diledakkan, Oppenheimer mengingatkan apa yang termuat dalam Bhagavad Gita : "If the radiance of a thousand suns were to burst at once into the sky, that would be like the splendor of the mighty one." and "Now I am become Death, the destroyer of worlds." ( "Jika pancaran seribu matahari itu meledak sekaligus ke langit, itu akan menjadi seperti kemegahan yang perkasa. " dan "Sekarang saya menjadi Kematian, penghancur dunia." ) dan  "We knew the world would not be the same. A few people laughed, a few people cried. Most people were silent. I remembered the line from the Hindu scripture, the Bhagawad-Gita; Vishnu is trying to persuade the Prince that he should do his duty and, to impress him, takes on his multi-armed form and says, 'Now i am become Death, the destroyer of worlds'.
 Setelah perang Oppenheimer adalah penasih
at kepada Komisi Energi Amerika Serikat yang baru dibuat dan digunakan Atom posisi untuk melobi untuk kontrol internasional tenaga nuklir dan untuk menghindari perlombaan senjata nuklir dengan Uni Soviet. Setelah memprovokasi kemarahan banyak politisi dengan pendapat terang-terangan politik selama Red Scare, izin keamanannya dicabut dalam sidang yang banyak dipublikasikan dan dipolitisir pada tahun 1954.
Meskipun dilucuti dari pengaruh langsung po

litiknya Oppenheimer terus kuliah, menulis, dan bekerja dalam fisika. Satu dekade kemudian Presiden John F. Kennedy memberikan Oppenheimer Enrico Fermi Award sebagai isyarat rehabilitasi politik. Prestasi menonjol Oppenheimer dalam fisika termasuk pendekatan Born-Oppenheimer, bekerja pada elektron-positron teori, proses Oppenheimer-Phillips, dan prediksi pertama terowongan kuantum. Dengan murid-muridnya ia juga membuat kontribusi penting untuk teori modern bintang neutron dan lubang hitam, serta bekerja pada teori mekanika kuantum, teori kuantum lapangan, dan interaksi dari sinar kosmik.

Sebagai guru dan promotor ilmu pengetahuan, Oppenheimer yang paling dikenang sebagai pendiri kepala sekolah Amerika fisika teoritis sementara di University of California, Berkeley, memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan fisika Amerika untuk era pertama dari menonjol di dunia dalam 1930. Setelah Perang Dunia kedua, ia memberikan kontribusi untuk organisasi ilmiah Amerika lagi, sebagai direktur dari Institute for Advanced
Study di Princeton, di mana ia memegang posisi lama Profesor Einstein sebagai Senior Fisika Teoretis.

The Bhagawad Gita
The Bhagawad Gita: The Bhagavad Gita (Sansekerta: भगवद्गीता ), juga lebih sederhana dikenal sebagai Gita, adalah kitab suci Hindu, bersifat Universal melingkup lebih luas dari agama dan umat manusia secara keseluruhan. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai "panduan bagi umat manusia" dan telah sangat dipuji oleh tidak hanya tokoh - tokoh terkemuka India seperti Mohandas Karamchand Gandhi tetapi juga Aldous Huxley, Albert Einstein, J. Robert Oppenheimer, Ralph Waldo Emerson, Carl Jung dan Herman Hesse .


 Hal ini dianggap salah satu teks yang paling penting dalam sejarah sastra dan philosophy.The Bhagavad Gita terdiri tepatnya 700 ayat, dan merupakan bagian dari Mahabharata. Guru dari Bhagavad Gita adalah Tuhan Krishna, yang dipuja oleh umat Hindu sebagai manifestasi Tuhan (Parabrahman) itu sendiri, dan disebut dalam sebagai Bhagawan, Yang Ilahi.

Isi Gita adalah percakapan antara Krishna dan Arjuna yang terjadi di medan perang sebelum dimulainya Perang Kurukshetra. Menanggapi kebingungan Arjuna dan dilema moral tentang pertempuran sepupu sendiri, Krishna menjelaskan kepada Arjuna tugasnya sebagai seorang prajurit dan pangeran, dan menguraikan tentang Yoga yang berbeda dan filosofi Vedanta, dengan contoh dan analogi.

Hal ini telah menyebabkan Gita sering digambarkan sebagai panduan ringkas untuk teologi Hindu dan juga sebagai panduan, praktis mandiri untuk hidup. Selama wacana, Krishna mengungkapkan identitas-Nya sebagai Mahatinggi sendiri (Svayam Bhagavan), memberkati Arjuna dengan visi menakjubkan bentuk ilahi yang universal-Nya.

Para pembaca langsung ke wacana Lord Krishna dari Bhagavad Gita termasuk Arjuna (penerima), Sanjaya (menggunakan Divya drishti berbakat oleh Rishi Veda Vyasa untuk menonton perang dan menceritakan peristiwa yang Dretarastra), Lord Hanuman (bertengger di puncak Arjuna kereta) dan Barbarika, putra Gatotkaca, yang juga menyaksikan 18 hari lengkap aksi di Kurukshetra. Bhagavad Gita juga disebut Gītopaniṣad, menyiratkan yang memiliki status Upanishad , yaitu kitab Vedanta.

Karena Gita diambil dari Mahabharata, itu diklasifikasikan sebagai teks Smriti. Namun, cabang-cabang agama Hindu yang memberikan status Upanishad yang juga menganggapnya sebagai Sruti atau "diwahyukan" teks. Seperti yang diambil untuk mewakili ringkasan ajaran Upanishad, juga disebut "Upanishad dari Upanishad". Judul lain adalah mokṣaśāstra, atau "Kitab Suci Pembebasan".

Masih penasaran dengan isi Bhagawadgita , segera hunting ke toko - toko buku terdekat karena versi asli nya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sudah banyak ada. Selamat membaca !!!

Hatur Nuhun

Comments

Popular Posts