10 December, 2012

PELABUHAN RATU : Mengunjungi Pelabuhan Ratu bag. 1

Sampurasun....

Chapter 1 : PERSIAPAN
Kembali mendengung lagu dari grup band Bad Religion yang dimotori Greg Graffin + Mr.Brett "Man w/ A Mission" di telinga. Sempat beberapa kali mengalami gagal berangkat akhirnya kesampaian juga melaksanakan persembahyangan di Karang Awu Pelabuhan Ratu ( Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat ) jarak tempuh normal dari bandung sekitar 4 - 5 jam.
Tempat yang kami datangi adalah Karang Awu ( sekilas mirip pulau karang menjorok ke laut dengan ombak yang ganas apalagi di malam hari ) dan tempat meditasi Bung Karno ( posisi tepat dibukit diatas Samudra Beach Hotel , kalau kita duduk pas menghadap laut ).
Perjalanan yang berat dan berbobot gumanku dalam hati ( ...dan ga bole main - main nie coz tempat angker semua,hehe.... ). Dengan menimang hari yang tepat dibulan ke-9 tahun 2012 kami pun memutuskan BERANGKAT. Tim kami seperti biasa kami ( ada 3 orang anak muda ) dan pak mangku ( tentunya level beliau - beliau ini sudah top ). Sarana dan sajen pun disiapkan dan tak lupa teman kami ikut nyumbang buat konsumsi karena perjalanan ini cukup jauh ( Bandung - Sukabumi lumayan bro.... ).
Sesuai waktu yang ditentukan kami pun berkumpul di pura CIMAHI dimana bapak - bapak mangku sudah menunggu disana.
Bla...bla...bla...akhirnya 2 rombongan dengan 2 mobil pun bergerak menuju Pelabuhan Ratu. Perjalanan panjang pun kami habiskan dengan bersenda gurau apalagi waktu sudah mulai menunjukkan pk.09.00 wib sedangkan target kita pk. 10.00 wib sudah sampai di Karang Awu karena set ritual mulai pk. 00.00 wib teng yang didahului dengan mandi di SUMUR TUJUH.

Chapter 2 : KARANG AWU
KARANG AWU merupakan sebuah pulau karang yang menjorok ke laut dan didepannya ombak besar senantiasa menghantam. Untuk mencapai tempat ini dari parkiran ( kebetulan di siang hari tempat ini merupakan tempat wisata andalan di pelabuhan ratu sukabumi ini ) cukup menyeberang tangga bambu yang terpasang kokoh. "Sira sane melinggih driki pak mangku ( Siapa yang berkuasa di karang awu pak mangku ) ??" tanyaku ke pak mangku. "Yang "mlinggih" disini dari tingkatan teratas DEWA SIWA BARUNA, IBU RATU, RATU MAS GEDE MECALING dan karuhun - karuhun seperti HYANG PRABU SILIWANGI sampai BUNG KARNO pun berkenan hadir.
Sesampai di Karang Awu ombak - ombak besar dengan suara menggelegar menyambut kami, cukup kuat untuk merontokkan semangat kami dengan suasana yang gelap full. "Tenang saja" kata pak mangku.
Well...sesejaen pun kami siapkan , seperti biasa sajen kombinasi Bali Sunda di set sedemikian rupa dengan tambahan kembang tujuh rupa dan jangan lupa bunga melati yang cukup. Persembahyangan perdana untuk memohon ijin pun dimulai dan kami pun duduk di batu - batu karang.
Oh ya tujuan kami ke karang awu selain sembahyang untuk memohon keselamatan / kerahayuan dunia ini juga untuk "melukat" ( bersih diri / mandi ) di sumur tujuh.

Chapter 3 : MLUKAT di SUMUR TUJUH
Dalam pikiran saya sumur itu dalem dan seperti sumur2 pada umumnya klo nyemplung ya harus bisa berenang,hehehe....tapi ini bukan. Memang disebut sumur karena bentuknya menyerupai sumur. Sumur tujuh berupa lobang - lobang di karang yang berisi air ( rasanya bukan asin tapi tawar ) saat ritual perdana ombak - ombak telah menyapu sumur - sumur ini sehingga air nya pun bersih kembali ( mungkin beliau mengizinkan kami untuk mlukat ). Setelah sembahnyang memohon izin dan mengambil air laut dimasukkan ke jerigen untuk tirta pelebur kami pun mlukat secara bergiliran dari sumur 1 sampai 7. Dinginnya luar biasaaaa............hehehe...
Mlukat beres kami pun berganti pakaian sembahyang dan melakukan prosesi persembahyangan yang dipimpin pak mangku dan ditutup nunas tirta lalu meditasi.
Kondisi NOL ini benar - benar terasa menyatu dengan alam dengan audio ombak dan desiran angin malam, benar - benar suasana yang MISTERIUS. Jadi inget lagu "betterdays"nya kang Eddie kurang lebih liriknya "i feel a part of the universe...." dan di Karang Awu benar - benar terasa part of the Universe.

simak juga teman - teman bagian berikut nya.......full of ORBS dan Meditasi bersama Bung Karno...................

Hatur Nuhun
Post a Comment