Candi Batujaya , Karawang



Postingan tentang kemegahan komplek Candi Batujaya di Karawang, Jabar ini saya posting ulang kembali. 

Mengikuti alur sejarah kerajaan - kerajaan besar Nusantara memang tidak ada bosan - bosannya. Di Indonesia khususnya Jawa Barat hampir jarang bukti - bukti bekas kerajaan - kerajaan besar yang pernah ada dan besar di Nusantara. Kondisi ini sangat berbeda dengan di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang cukup komplit dan lengkap. Kebetulan saat itu sekitar tahun 2011-an ada acara kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dengan UNESCO di salah satu areal atau komplek percandian di tengah persawahan di daerah Karawang, Jawa Barat. Saya pun menyempatkan ikut hadir untuk melihat secara langsung bagaimana megahnya arsitektur dan luas nya komplek percandian disana.





Sekilas tentang candi ini saya search di Wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Percandian_Batujaya , begini cerita nya :
"Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuna yang terletak di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Situs ini disebut percandian karena terdiri dari sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik."





kalau saya tarik dari literatur yang saya baca buku dari Bpk. Edi S. Ekajati di daerah Karawang ini pernah berdiri secara megah kerajaan ber sistem federasi yaitu TARUMANAGARA , dimana ada 3 unsur keyakinan yang harmonis yaitu Hindu aliran Waisnawa ( Wisnu ) , Budha dan Sunda Wiwitan. dalam hal penyebutan nama Tuhan ketiga keyakinan berbeda ini menyebut nama Tuhan dengan "Hyang" ( kalau di sunda kadang disebut Gusti Hyang Widhi dan di Bali sendiri Ida Sang Hyang Widhi Wasa ). Peninggalan yang sangat terkenal dari kerajaan Tarumanagara sebelum membubarkan diri adalah teknik irigasi / sistem pengairan nya yang sangat terkenal dimana aliran sungai Citarum di seting sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk pengairan sawah atau jalur lalu lintas air.





Posisinya sendiri secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar lima km2. Situs ini terletak di tengah-tengah daerah persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat (Ujung Karawang). ( sumber wikipedia )




Memasuki kawasan candi ini terbayang bagaimana megahnya dan indahnya kondisi pada zaman itu, dari informasi yang saya dapat kalau gundukan - gundukan ini digali lagi akan banyak ditemukan sisa - sisa percandian. Menurut saya tempat ini atau persawahannya di tata sedemikian rupa sehingga warga pun masih dapat menggarap sawahnya dan bangunan - bangunan candi perlu perawatan. Sehingga komplek percandian ini bisa menjadikan tujuan wisata di daerah Karawang tentunya dari sisi ekonomi akan mengangkat masyarakat sekitarnya juga.

So....selamat bertualang ke komplek candi Batujaya dan jangan lupa bawa perlengkapan foto. Ciao....

Nuhun

Comments

Popular Posts