Bhagavadgita

Berikut penjelasan singkat mengenai Bhagawad Gita

Bhagavadgita,nyanyian dewata,sering dinamakan sebagai Veda kelima,Pancamo Veda. Secara struktural isi Bhagavadgita lebih terarah dan merupakan pengumpulan dari Veda-Veda sebelumnya.

Bisa jadi ini adalah satu langkah perkembangan sejarah berpikir dari agama Hindu. Penggubahan Bhagavadgita merupakan buah karya besar Bhagavan Byasa. Kekayaan dan ketajaman pemikiran Vyasa yang merupakan rakhmat Tuhan telah mampu mengungkapkan seluruh ajaran Veda secara thematik dan didaktik metodologis sehingga buah karyanya tidak saja menyedapkan untuk dibaca dan dipelajari oleh anak-anak, tetapi juga terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat yang beraneka profesi dan latar belakang kemampuan pikir mereka. Kesemua teori berpikir yang mencakup masalah konsepsional strategi berpikir untuk meletakkan landasan operasional bagi tercapainya tujuan hidup manusia yang asasi,yaitu Dharma-artha-kama-moksa.

Moksa sebagai tujuan akhir yang dibedakan dari tujuan duniawi. Tujuan duniawi menurut catur Varga (purusartha) adalah Dharma-Artha-Kama. Ketiga aspek ini harus diwujudkan di dalam masyarakat negara dimana kita hidup. Sangat mustahil untuk mencapai keberhasilan moksa di dunia ini selama kita hidup.

Aspek keempat inilah,yaitu Moksa,yang merupakan masalah inti yang dikaji di dalam Bhagavadgita suplemen melengkapi semua buku yang ada dalam mewujudkan kehidupan politik aman-damai dan bahagia. Bhagavadgita adalah ajaran mistik. Ilmu mistik di dalam agama Hindu dikenal dengan Raja Yoga,bertujuan untuk menguak takdir Rahasia Ketuhanan sehingga dengan demikian mudahlah bagi umatnya melaksanakan jalan lintas menuju kekekalan Brahman atau Nirvana Brahman atau Moksa. Bhagavadgita adalah kitab Yoga karena semua bab disebut ajaran Yoga. Yoga adalah sistem dan juga satu metode menghubungkan diri atau ber-sembah kepada Tuhan agar mendapat rakhmat dari padanya.

Namaste-love-peace-damai-shanti
Post a Comment

Popular Posts