Marahnya Bumi

Bencana alam terjadi dimana-mana,musim hujan yg panjang,tidak sadarkah kt bahwa telah terjadi ketidakseimbngan alam. Seperti lirik lagu Superman is Dead "marahnya bumi,semua tak terkendali....",memang sekali bumi marah,manusia tdk bs berbuat apa2. Di lontar Bhuwana Kosa dan Wrhaspati Tattwa disebutkan bhwa Tuhan menciptakan tubuh manusia dari unsur2 alam yg disebut Panca Mahabhuta yakni :
1.pertiwi(tanah),
2.apah(air),
3.bayu(angin),
4.teja(matahari),dan
5.akasa(angkasa).
Oleh karena itu tubuh manusia disebut bhuwana alit dam alam semesta disebut bhuwana agung. Dengan demikian bila manusia menyayangi tubuhnya sendiri, ia wajib pula melestarikan alam semesta secara sekala dan niskala. Melestarikan alam semesta secara sekala artinya memelihara dan menjaga agar ala tdk rusak atau tercemar oleh ulah perbuatan manusia. Secara niskala,dgn melakukan upacara2 tawur ato pecaruan.
Salah satu ajaran Maha Rsi Mpu Kuturan yg mengakar di masyarakat Hindu-Bali sejak abad ke-11 Masehi,adalah Tri Hita Karana atau tiga hal yg menyebabkan kebaikan dunia dan kehidupan. Tiga hal itu ditinjau sebagai suatu keharusan yg ada dalam bentuk hubungan keseimbangan,keselarasan,dan keharmonisan,yakni parhyangan yg menyangkut hubungan dgn tuhan,pawongan hubungan antar sesama manusia, dan palemahan hubungan manusia dgn alam semesta. Bila salah satu hubungan2 itu tdk terwujud atau tdk harmonis,maka manusia tdk akan menemukan kebahagiaan, kesejahteraan, ketentraman, dan kedamaian.
Salam Damai-Shanti-Peace

Comments

Popular Posts