CAKRA dan KUNDALINI

Kadang saya merasa bingung antara what is Chakra dan what is Kundalini? Beberapa artikel di internet memaparkan Chakra itu apa dan bagaimana dan Kundalini itu apa dan bagaimana. Beberapa artikel mendefinisikan CAKRA berarti perputaran energi atau pusat aliran energi dalam bentuk roda / cakram. Seperti senjata Dewa Wisnu Cakra yang selalu berputar. Berputarnya roda energi menimbulkan Pusaran energi, pusaran energi yang terbentuk akan di alirkan ke alat-alat organ dalam pada tubuh fisik kita melalui nadi yang sangat halus (meridian). Aliran energi ini bertanggung jawab atas kerja dan fungsi organ dalam didalam tubuh fisik. Cakra-cakra ini letaknya pada tubuh dan bersesuaian dengan organ dalam pada tubuh fisik.
Ada tujuh Cakra utama didalam tubuh manusia yaitu :
Cakra Ajna (Adnya) ,Cakra Wisudha (tenggorok), Cakra Anahata (Jantung), Cakra Manipura (Pusar), Cakra Svadhistana (Sex), Cakra Muladhara (Dasar).
Sedangkan KUNDALINI adalah energi yang maha dasyhat sekelas energi nuklir yang berada di dalam tubuh kita. Sering digambarka dengan Ular Sakti dalam keadaan tidur dengan kepala menghadap ke bawah yang melilit pada Lingga Swayambu Siwa dengan tiga setengah lilitan utama. Kundalini adalah Ibu yang melindungi kita, Ibu alam semesta sering disebut sebagai Ibu Durga ( Hyang Nini Bagawati), Ibu Gayatri dan Ibu Saraswati. Untuk membangunkan Energi Sakti ini ada berbagai macam cara dan dengan latihan tertentu. Untuk membangkitkan energi Kundalini perlu pengetahuan yang cukup terutama mengenai Cakra Utama. Selain pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan pula seorang penuntun/ pembimbing yang benar-benar mengetahui tentang kebangkitan Kundalini atau seorang Guru spiritual.
Jadi urutannya adalah kita melatih menghidupkan cakra2 didalam tubuh kita, baru memulai memasukkan Kundalini energi ke tiap2 cakra dan jadilah kekuatan yang maha dashyat.
Sangat mungkin orang2 zaman dulu atau leluhur2 kita zaman dulu sangat mudah membangkitkan energi ini, kadang bisa digunakan untuk pertahanan diri atau untuk peningkatan kualitas diri guna mendapatkan more than heaven yaitu MOKSA atau NGANGHYANG yaitu terbebas dari perputaran kehidupan dan menyatu dengan Sang Sumber Kehidupan yaitu Hyang Widhi / Tuhan itu sendiri.

Comments

Popular Posts